MUHAMMAD FANDI YASIN

Berpacu menjadi yang terbaik

Tugas Semiotika Analisis Gambar Iklan Rokok Sampoerna A Mild Edisi Tanya Kenapa Versi Taat Cuma Kalau Ada Yang Liat

diposting oleh muhammad-f-y-fib09 pada 30 September 2012
di Umum - 0 komentar

Analisis Gambar Iklan Rokok Sampoerna A Mild Edisi Tanya Kenapa Versi Taat Cuma Kalau Ada Yang Liat.

 

              Iklan rokok A mild dengan tema “Taat Cuma Kalau Ada Yang Liat” mengandung makna bahwa telah banyak terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia di sektor lalu lintas. Hal ini bisa dilihat dari gambar pada iklan tersebut yang bergambar seorang polisi dengan wajah yang garang dan kumis yang tebal dengan mengenakan kaca mata hitam.

              Iklan samperna A Mild “Tanya Kenapa” versi “Taat Cuma Kalau Ada Yang Liat” ini menceritakan bagaimana segerombolan anak muda yang sedang melintasi zebra cross di jalan yang kemudian digambarkan dalam kacamata si pak polisi tadi. Sehingga gambar di iklan tersebut cukup unik, terdapat gambar para anak muda yang sedang melintasi zebra cross pada kacamata pak polisi.

              Berdasarkan iklan rokok Sampoerna A Mild “Tanya Kenapa” versi “Taat Cuma Kalau Ada Yang Liat” ini dapat kita ambil beberapa hal sebagai pembelajaran. Tentunya masih banyak pelanggaran lalu lintas yang seringkali terjadi.  Kita  semua harus mengakui bahwa tingkat kesadaran berlalu lintas di Indonesia masih sangat rendah. Hal tersebut diperumpamakan dalam gambar iklan rokok ini.

              Menurut saya iklan ini memperlihatkan efek kelucuan yang dihasilkan dari plesetan ungkapan yang dituliskan. Terdapat unsur parodi dalam iklan tersebut. Dimana parodi yang ditampilkan memiliki nuansa kritik, yang lebih menekankan pada kritik dan sindiran. Dalam sajian pada gambar iklan tersebut dapat dikatakan unik, terlihat dari parodi yang ditampilkan dalam iklan tersebut.

              Kemudian apa yang terjadi pada hubungan antara teks, gambar dan produk yang dipasarkan, gambar iklan tersebut tidak memiliki makna yang jelas dengan kata lain membingungkan. Menurut saya iklan Samporna A Mild mengajak para konsumen untuk dapat bersikap kritis terhadap berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat. 

              Dalam iklan tersebut, Sampoerna A Mild cenderung terlihat menghindari efek negatif rokok  bagi konsumen sehingga fakta bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan konsumen tertutupi dengan citra kritis yang ditampilkan dalam gambar iklan tersebut. Meskipun begitu, sekritis apapun iklan tetaplah menyembunyikan kepentingan tertentu.

              Disatu sisi iklan tersebut berusaha mengkritik fenomena negatif di masyarakat, tetapi di sisi lain A Mild berusaha untuk menciptakan tradisi tersendiri yakni tradisi merokok dan perilaku konsumtif. Dengan strategi seperti ini diharapkan akan dapat semakin memberikan citra positif untuk pihak Sampoerna di mata masyarakat, sehingga citra positif tersebut dapat meningkatkan penjualan produk rokok A Mild.

 

Anggota Kelompok :

M. Fandi Yasin (120911107)

I Gusti Agung W (120911023)

Arditia Efendi (120911001)

Herlambang J S (120911137)

A Maghrobi Akbar (120911131)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :